Keahlian Yang di Perlukan Untuk Menjadi Seorang Desainer


Artikel bloggebu pertama membahas tentang desainer, kenapa? soalnya pas pertama kali bloggebu dibuat inspirasi bloggebu di dapet dari salah satu seorang designer yang bloggebu kagumi, siapa dia? kayaknya enggak mungkin bloggebu sebutin Buanyak banget soalnya lagian bukan itu yang akan dibahas disini jadi lanjut ke topik pembahasan

Menjadi seorang desainer memang tak cukup hanya dengan sekolah design yang mahal ataupun murah agar mendapat sertifikasi atau ijazah, banyak juga desainer instan yang sukses hanya dengan kemampuan dan pegalaman serta skill, mengutip dari salah satu blog no 3 di google dengan kata kunci skill yang diperlukan untuk menjadi seorang desainer yaitu blognya Jeprie desaindigital.com. Seseorang tidak bisa begitu saja mengaku sebagai seorang dokter. Ada sertifikasi dan jenjang pendidikan yang wajib diikuti untuk menjadi seorang dokter. Seseorang juga tidak bisa seenaknya mengaku sebagai polisi. Ada syarat-syarat khusus yang membuatnya pantas disebut polisi. Bagaimana dengan desainer? Saat ini, semua orang bisa menjadi desainer kata jefri

Nah, lalu apa yang diperlukan untuk menjadi seorang desainer? khususnya bagi pemula selain "Harus mau banyak eksplorasi, dalam banyak hal. Teknologi juga sekarang sudah maju. Banyak yang bisa digali dari banyak hal. Internet, Facebook, dan mencari buku pun sekarang sudah lebih mudah menurut Eddy Betty salah seorang desainer yang pernah di muat di kompas Female.

Bagaimana dengan skill yang diperlukan seorang desainer ? kalo untuk skill, bloggebu akan mencoba belajar menjawab-nya maklum jadi pengen ikut-ikutan ngasih saran, sekalian bagi-bagi ilmu boleh kan.

Sedikit rahasia paling penting, skill seorang desainer seperti bloggebu, eit jangan di cela dulu ingat seperti kata jefri setiap orang pasti mengaku dirinya seorang desainer jadi bloggebu juga bolehkan? adalah sebagai berikut :

1. menggambar dan bakat alami
Menggambar adalah skill atau kemampuan membuat konsep yang harus kamu punyai dari kecil, bloggebu juga dari umur 7 tahun (bongkar rahasia dikit) udah hoby banget gambar sampai lupa makan sama belajar yang lain. dengan kemampuan menggambar dari kecil, skill men-design udah menjadi modal awal yang sangat baik ke depannya. karena dengan menggambar imajinasi kamu bisa melambung tinggi, membayangkan konsep apa yang ada di benakmu dan dituangkan ke dalam gambar.

2. Imajinasi
Imajinasi juga bagian dari design, karena tanpa imajinasi hasil karya tak-kan pernah ada. seperti point pertama dengan imajinasi kita bisa lakukan apapun yang kita mau (asal jangan ngebayangin yang enggak-enggak) seperti contohnya jika kamu hoby menggambar di bangku ruang kelas, enggak peduli guru lagi nerangin apa. dan suasana hati sedang jatuh cinta sambil membayangkan wajah gebetan di secarik kertas. Dengan imajinasi kamu, akhirnya sang gebetan pun bisa berdampingan dengan kamu walaupun hanya di gambar saja.!

3. Ber-eksperimen dan eksplorasi
Kalo yang ini bloggebu banget, seperti kata eddy betty di atas : melakukan eksperimen sendiri bisa meningkatkan skill 2 point sebelumnya..bayangkan jika kamu menggambar dari umur 7 tahun berarti skill menggambar kamu sudah mempunyai banyak eksperimen dan eksplorasi yang jika sampai saat ini di satukan sehingga menjadi sebuah karya desain yang penuh kolaborisasi, dari eksperimen dan eksplorasi selama itu sekarang tinggal mencari dan menggali lagi skill desain kamu sesuai aturan jaman hingga kamu siap mempublikasikan-nya, malah banyak lho desainer muda di bawah umur yang sudah sukses duluan, kebanyakan sih dapet dukungan dari orang tua.

4. Mengerti tekhnologi komputer dan menguasai bahasa inggris
Yang satu ini wajib hukumnya, ada beberapa yang bloggebu kutip dari sini yaitu : desain grafis banyak cabang keahlian antara lain: illustrator, komikus, kartunis, animator 3D, animator 2D, karakter medeller, desain layout majalah, webdesigner, multimedia director dll. Untuk spesialis illustrator, komikus, kartunis kemempuan menggambar manual mutlak harus dikuasai dengan baik. Namun untuk desainer web, multimedia director, modeler/animator 3D lebih mengutamakan kemahiran software, namun lebih baik lagi memiliki dasar menguasai menggambar sketsa. kalo untuk bahasa inggris semua pasti tahu tekhnologi kebanyakan menggunakan bahasa inggris, walaupun sudah tersedia dalam bahasa indonesia tetap harus sedikit mengerti bahasa inggris.

5. Minat,Ambisi,dan niat
minat itu keinginan, kemauan, atau sederhananya cinta. mmmm….love….Orang yang jatuh cinta akan bersedia memberikan apapun (harta dan waktu) kepada orang yg dicintainya. Begitu pula desainer grafis akan berusaha bekerja mengorbankan waktu (ampe begadang) dan biaya (ngopi, cemilan dll)demi kepuasan klien. betulkan..jika kita mempunyai minat,Ambisi,dan niat insya allah hasilnya akan kita dapat

Ok..sebenarnya sih masih banyak yang perlu di bagi sama sobat muda sekalian, karena waktu yang tidak memungkinkan bloggebu lanjutkan lagi lain waktu..jika tulisannya amburadul mohon di maklumi bukan penulis heheh..

Bagikan :

Facebook Twitter
0 Komentar untuk "Keahlian Yang di Perlukan Untuk Menjadi Seorang Desainer"

Back To Top