Kelebihan Sarjana Yang Diutamakan Banyak Perusahaan


kebetulan nih ada artikel yang bloggebu pengen share sama sobat sekalian yang di kutip dari majalah, semoga bermanfaat..!

Seperti kebanyakan orang, target kita setelah lulus kuliah pasti pengen langsung diterima bekerja di perusahaan ternama—tentunya dengan penghasilan menjanjikan! Makanya, sejak dini kita wajib 'nabung' hal-hal plus yang bisa bikin status kita jadi sarjana plus. Walau angka pengangguran makin tinggi (baca: pesaing), nyali nggak boleh ciut dan kudu tahu triknya. Yuk, cari tahu apa saja, sih, kelebihan sarjana yang diutamakan berbagai perusahaan!

Anti nasakom
Istilah nasakom—nilai satu koma—akrab banget di kuping para mahasiswa. Penyebabnya beragam, mulai dari masalah prestasi menurun, sering absen kelas, sampai mangkir mengumpulkan tugas. Walau kebanyakan perusahaan mencantumkan syarat IPK minimal 3, tapi nggak ada salahnya usaha lebih mendapat IPK di atas rata-rata. Jika mencantumkan nilai IPK di atas 3,5 pada CV—bahkan lulus cumlaude—siap-siap jadi incaran, deh.

Cas cis cus
Hari gini, sudah nggak zaman, deh, cuma mengandalkan kemampuan berbahasa Inggris secara pasif. Banyaknya perusahaan perusahaan asing di Indonesia, menuntut kita punya kemampuan bahasa lebih. Minimal bisa berbahasa Inggris secara aktif dan pasif, lebih baik lagi jika menguasai bahasa lain. Ambil kursus bahasa asing seperti Mandarin, Prancis, atau Jepang di sela-sela waktu kuliah. Siap bekerja di perusahaan asing.

Gaptek
Abda ke-21 identik dengan era serba digital. Berbagai alat berteknologi canggih seperti notebook jadi barang kebutuhan sehari-hari yang menunjang pekerjaan. Makanya, wajib banget, deh, menguasai berbagai aplikasi Office seperti Microsoft Word, Excel, dan Power Point berikut Internet. Contoh, jika kita mengincar profesi di media, menguasai photoshop bakal jadi nilai plus, nih!

Jurus extra skill
Nggak cuma pacaran, atau nongkrong di kafe, tapi waktu senggang wajib diisi dengan kegiatan bermanfaat, nih. Coba, deh, ikutan kursus yang menarik untuk menambah keahlian kita. Pilih yang sesuai minat atau hobi, seperti kursus fotografi, bahasa asing, atau mengasah kepercayaan diri lewat sekolah presenter. Apalagi jika kita sudah punya profesi idaman, tinggal colong start ilmunya dari sekarang, kan?

Bekal pribadi
Nggak cuma ilmu teoritis, praktek langsung juga penting. Jika kita aktif berorganisasi—seperti BEM—bisa jadi nilai plus, tuh. Atau bergabung di EO (Event Organizer), bahkan aktif ikut LSM seperti WWF. Hasilnya, kita terlatih bekerja dalam team work, punya jiwa kepemimpinan, dan mampu berkomunikasi secara baik. Selain itu, kita juga memperluas pergaulan--siapa tahu ditawari pekerjaan tetap. Asyik, kan?

Share :

Facebook Twitter Google+
1 Komentar untuk "Kelebihan Sarjana Yang Diutamakan Banyak Perusahaan"

Back To Top