Cara Membuat Inbound Link SEO Yang Benar

cara Membuat Inbound Link Yang Baik dan Benar
Cara Membuat Inbound Link SEO Yang Benar - Dengan cara Membuat Inbound Link Yang Baik dan Benar bisa menjadi hal terbaik yang bisa sobat bloggebu gunakan untuk meningkatkan traffik blog sobat.

lalu apa sih Inbound Link dalam sebuah blog?

Inbound Link adalah link di situs orang lain yang mengarah ke blog kita. Inbound Link juga merupakan salah satu parameter yang dipakai search engine dalam menentukan hasil pencariannya.

Berikut ada beberapa tips cara Membuat Inbound Link Yang Baik dan Benar :

1. pembuatan link telanjang

Yang bloggebu maksud link telanjang adalah hypertext yang ditulis apa adanya (tanpa anchor), contohnya:

www.example.blogspot.com ( http://www.example.blogspot.com )

Contoh diatas adalah teks, bukanlah sebuah link. Dalam beberapa kasus, pembuatan link yang benar "<a href="http://www.example.blogspot.com">example</a> berubah menjadi teks, bagi para admin forum maupun web proffesional mencegah outbound link dengan menonaktifkan link sobat. Namun dalam beberapa situs, link tanpa <a href atau telanjang otomatis dirubah menjadi link.


2. Meninggalkan komentar di blog dengan link

Sebenarnya ini tidak 100% salah, sebab beberapa orang yang memang ingin berkunjung akan mengklik username. Dan beberapa tipe open ID memang menyediakan informasi tentang username sobat, termasuk link menuju blog sobat. 
Namun ini juga tidak 100% benar, sebab anchor text = nama akun sobat / title blog sobat. Dan ini tidak diminati Google.

3. Beda platform beda syntax.

platform tidak hanya html dengan tag "< >" namun juga populer platform phBB dengan "[ ]" dan masih banyak pula platform lainnya. Google juga punya aturan-aturan untuk tiap platform tersebut.


4. Tutorial yang tidak detail.

Terkadang webmaster yang handal masalah SEO tidak menjelaskan tentang cara membuat link yang benar karena mereka tidak tahu seberapa jauh pengetahuan kita tentang html. Dan berpikir kita pasti paham.

Sekarang kita mulai membuat link yang baik menurut para SEO Master dan menurut Google:

Berikut Standart html code for link :

    <a href="http://www.example.com">example</a>

Penjelasan:

    <a href=    adalah perintah pembukaan
    </a>          syntax sarung (alias perintah penutup)
    http://        adalah protokol yang wajib ada agar text dapat melompat kehalaman lain.
    Title          adalah contoh anchor text alias "teks jangkar" teks yang terlihat pada link.

Ganti www.example.com dengan url blog sobat, serta Title ganti sesuai keinginan sobat.


Tips Optimasi Inbound Link :

1. Jangan pakai atribut target="_blank".

Target="_blank" digunakan agar link kita membuka tab baru pada browser. Memasang kode Ini dapat menyebabkan Google search engine kehilangan jejak. Berikut kode HTMLnya:

    <a href="http://www.example.com" target="_blank">example</a>

Ilustrasinya seperti ini :
Anjing Google mengendus halaman blog orang lain.. Link sobat dalam blog orang lain kita ibaratkan tulang. Ketika si-anjing menemukan tulang, dia akan mencari tahu darimana asalnya. Ketika link sobat menggunakan atribut target=_blank. Maka browser (mozilla, opera, dll) merampas tulang itu.

3. Membuat Link dengan achor teks
           <a href="http://www.example.com"title="kata kunci">example</a>


2. Pilih blog yang punya Top keyword sama.

Top keyword disini bukan judul artikel yang sobat komentari atau topik yang sedang dibahas blog orang lain. Namun kata-kata yang punya pengaruh besar terhadap sebuah blog.
Disini kesalahan banyak terjadi, banyak blogger melakukan SEO dengan menyamakan keyword dengan topik.


3. Usahakan anchor text (teks untuk link) punya kesamaan dengan judul.

Contoh anchor teks komentar yang baik untuk artikel ini adalah:

    <a href="http://---------------------">Fakta tentang inbound link</a>
    <a href="http://---------------------">inbound link untuk SEO</a>


Contoh anchor teks komentar yang tidak baik untuk artikel ini adalah:

    <a href="http://---------------------">Download Software</a>


4. Tentang dofollow dan nofollow

Dofollow dan nofollow menentukan inbound link dimata Google. Link yang ditempatkan pada situs/blog yang menerapkan dofollow akan menjadi inbound link yang baik.


5. Platform penempatan link.

Agar menjadi inbound link yang baik, link untuk blog kita lebih baik ditempatkan pada platform yang sama. Platform untuk blogspot.com adalah html (hypertext markup language). Sementara platform yang lain adalah phbb yang biasa digunakan untuk forum.


6. Link pada signature forum tidak baik.

Saat kita mempunyai postingan berjumlah 800, maka link menuju blog kita sudah tentu 800 juga. Tapi apa inbound link kita juga 800? jawabnya tidak.

Dari statistik blog nya milik bloggebu yang lain, dari sekitar 2.500 link signature sebuah forum, hanya kurang dari 5 saja yang menjadi inbound link. Secara matematis, jelas ini tidak efektif.

Nah sobat bloggebu bisa mencoba cara membuat inbound link SEO yang baik dan benar dan optimasi secara efektif dari referensi di atas..semoga bermanfaat

Share :

Facebook Twitter Google+
21 Komentar untuk "Cara Membuat Inbound Link SEO Yang Benar"

terima kasih sangat membantu saya memahami link seo. saya punya pertanyaan sobat, apakah inbound link masih efekti dengan adanga google penguin? Thanks

Begitu ya, jadi tambah bingung nih..

trims, sy masih baru, jadi perlu cari tau...sy masih bingung cara memasang link dgn judul atau keyword sama di blogspot gimana ya,...trs backlink itu apaan ya, blm ngerti nih, caranya gimana biar dapat backlink, trs pengaruhnya ke blog atau ke website gimana...makasih buat masukannya...mohon kunjungi jg blog sy di <a href="http://www.mediainfomitra.blogspot.com>Cara Meningkatkan Peluang Usaha Dengan Kata Kunci Dalam Optimasi SEO </a>

Untuk sobat jackma,saya rasa masih, secara Inbound Link juga merupakan salah satu parameter yang dipakai search engine dalam menentukan hasil pencariannya.

Just for sharing: @Robenito:
1. cara memasang link dgn judul atau keyword sama di blogspot gimana ya ? : Saat membuat artikel/postingan, usahakan menautkan link atau bahkan menyalin judul kedalam artikel/postingan supaya saat ada pengunjung dari google, kata yang kita copy/sama dengan judul, itu akan menjadi deskripsi dan keyword untuk postingan itu.

2. backlink itu apaan ya? : Baclink merupakan link-2 yg mengara ke atrikel atau home page suatu blog. Link itu asalnya bisa dari postingan kita atau dari blog/postingan orang lain yang menautkan link yang mengara ke blog kita.

3. apa pengaru backlink terhadap blog ? : banyak pengaruhnya salah satunya adl meningkatkan pagerank/rangking dimata google. semakin tinggi pageranknya maka semakin memungkinkan google memunculkan blog dihalaman utama google.

4. Cara biar dapat backlink ? : caranya gampang aja dan masih rame2-nya dibahas pada kebanyakan blog. salah satu caranya adalah dengan mengunjungi blog saya dan tinggalkan komentar disana.
Technology is Informatica

Salam blogger, moga tambah semangat.

Nice share gan,, btw kalo menambahkan link ke situs jejaring sosial apakah menambah inbound link?? ada pengaruhnya ke page rank ga ya??

Visit back :

Peluang Usaha Terapi Ion Elektrik Rendam Kaki Detox Modal Terjangkau

Alhamdulillah, saya jadi sedikit mengerti tentang target blank itu, seperti anjing ya, lain kali gak saya buat itu deh, thanks
regard
bahtiarrachman @bahtiarrachman

rumit juga SEO neh. pening pening....ntah lah, tapai pelan pelan saya mau belajar deh..makasih..amatir banget soal SEO

m-a-n-t-ap banget, terima kasih informasi dan tips nya

bermanfaat n nambah pengetahuan nih.

info yang bermanfaat gan, makasih

makasih gan atas infonya ditunggu update selanjutnya

alat bantu wanita

pokok pembahasannya hampir sama persis kaya diblog sebelah
prohtml.blogspot.com/2011/02/cara-membuat-inbound-link-yang-benar.h*ml

Manteb gan. Bisa ane praktekkan di blog ane nih. Www.nusagates.com

Terima kasih sudah berbagi gan semoga banyak rejekinya..
Paket Data Internet Murah

Back To Top